Jakarta Raya

Blog Referensi Berita Terkini Warga Jakarta

Krakatau Steel Peduli Masyarakat HUT ke-46

Krakatau Steel

Kabar Jakarta - PT Krakatau Steel, sebuah perusahaan baja terbesar Indonesia senantiasa meningkatkan kepedulian masyarakat dengan melakukan kegiatan sosial dan amal selama bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Program Corporate Social Responsibility yang terus digalakkan oleh perusahaan, meskipun dalam kondisi bisnis global saat ini yang sedang sulit.

Krakatau Steel Peduli



Selain mengisi bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dengan berbagai aksi kepedulian masyarakat dan berbagi dengan lingkungan sekitar, Krakatau Steel juga berkomitmen di usianya yang akan segera mencapai ke-46 tahun pada 31 Agustus nantinya untuk terus berupaya agar keberadaan PT KS semakin memberi manfaat terhadap masyarakat sekitar. Hal ini diharapkan mampu menjadi langkah yang positif sebagai sarana mewujudkan program-program PT KS untuk berbagi dengan lingkungan sekitar atau stakeholder, yang selama ini memang telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari eksistensi dan keberlangsungan perusahaan. Baca sumber artikel selengkap di --> Krakatau Steel Peduli Masyarakat

Sesuai amanat yang disampaikan Kementerian BUMN, BUMN Peduli Masyarakat ini terbagi dalam tiga kegiatan yakni pasar murah, siswa mengenal nusantara, dan bedah rumah. Kick off peringatan HUT PT Krakatau Steel ke-46 ini ditandai dengan mulai dilakukannhya kegiatan pasar murah BUMN, pembagian bingkisan kepada pengemudi ojeg dan becak, serta penyerahan bantuan sembako yang dilakukan di pelataran Masjid Assalam, komplek Krakatau Steel Cilegon. Kegiatan pasar murah yang diadakan PT KS ini cukup mendapatkan antusiasme masyarakat, satu paket sembako dipasaran bisa memiliki harga 150 ribu rupiah dijual hanya dengan 25 ribu rupiah.



Kegiatan krakatau steel peduli masyarakat ini mulai dilaksanakan semenjak ramadhan hingga hari ini dan difokuskan untuk warga masyarakat kota cilegon dan sekitarnya, antara lain :
1. Sumbangan rutin setiap hari jumat kepada 4 Masjid di wilayah sekitar Industri Krakatau steel dengan nilai total 40 juta rupiah.
2. Sumbangan dalam kegiatan sholat tarawih keliling di 8 Kecamatan bersama Muspida dan Kecamatan dengan nilai total 64 juta rupiah.
3. Bantuan untuk renovasi rumah warga yang kurang mampu di 8 Kecamatan kota Cilegon, total 10 rumah warga dengan nilai 210 juta rupiah. Selain bedah rumah yang didanai khusus dari CSR PT KS bagi mayarakat kurang mampu, PT Krakatau Steel juga melaksanakan kegiatan serupa yang berkerjasama dengan Korem Maulana Yusuf, PT Jiwasraya, dan PT Adhi Karya untuk memperbaiki rumah veteran yang besarannya 25 juta rupiah perunit. Korem sengaja dilibatkan untuk memastikan agar program bedah rumah ini tepat sasaran.
4. Pembagian santunan kepada total 1250 anak yatim di kota Cilegon.
5. Mengadakan program siswa mengenal nusantara dan memberangkatkan sebanyak 20 siswa SMA/SMK ke Kalimantan Timur, yang diseleksi berdasarkan prestasi akademik dan non akademik.
6. Mengadakan pasar murah di 43 kelurahan di Kota Cilegon dengan total 4200 paket sembako yang berisi masing-masing 10 kg beras, 2 liter minyak goreng dan 2 kg gula pasir.
7. Pembagian paket lebaran sebanyak 500 bingkisan kepada tukang becak dan ojek di lingkungan sekitar perumahan karyawan PT Krakatau Steel.
8. Pemberian bantuan beras kepada 43 kelurahan se-kota Cilegon sebanyak total 15,05 ton
9. Pemberian 900 paket bingkisan lebaran kepada 6 kelurahan di Kota Cilegon
10. Penyerahan zakat fitrah karyawan karyawan KSG kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Baitul Maal Krakatau Steel Grup sebesar Rp 459.920.000

Pada tahun ini total nilai zakat fitrah yang dikumpulkan dari karyawan dan keluarga dari PT Krakatau Steel dan Group (KSG) beserta perusahaan Join Venture (JV) PT KS lainnya mengalami peningkatan yakni senilai Rp 459.920.000. Zakat tersebut kemudian disalurkan kepada dua lembaga amil zakat yaitu BMKSG senilai Rp 230.210.000 dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota cilegon sebesar Rp 229.710.000. Baitul Maal Krakatau Steel Group (BMKSG) kemudian menyalurkan dana tersebut kepada masyarakat dalam bentuk 220 kantong beras untuk setiap kelurahan (atau sebanyak 19,9 ton). Ketua BMKSG, Zainal Muttaqin juga menyatakan selain menyalurkan zakat fitrah BMKSG juga memberikan bantuan uang lauk pauk sebesar Rp 20.000/amplop yang dihasilkan dari dana infak dan sodakoh yang diterima melalui BMKSG sebagai pendamping beras zakat fitrah tersebut.

Selain penyaluran zakat fitrah, BMKSG juga telah melaksanakan berbagai kegiatan kepedulian masyarakat dalam rentang waktu 2015 hingga 2016. Kegiatan tersebut antara lain pemberian beasiswa kepada 2.338 dhuafa dari mulai tingkat SD hingga perguruan tinggi. BMKSG juga bekerjasama dengan beberapa lembaga yaitu Rumah Zakat dalam penyaluran beasiswa bagi 73 siswa SD Juara dan Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Al-Khairiyah untuk beasiswa berkelanjutan bagi 73 mahasiswa serta memberikan santunan kepada anak yatim berupa uang tunai dan alat-alat sekolah.

Semoga kepedulian PT Krakatau Steel ini mampu menginspirasi perusahaan lainnya disekitar kota Cilegon maupun di Indonesia untuk lebih meningkatkan program CSR-nya.

Baca juga : http://jaketkulit.abatasa.co.id/post/detail/96821/krakatau-steel-peduli-masyarakat-sekitar


Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
 

Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.


削除
Krakatau Steel Peduli Masyarakat HUT ke-46
    Komentar(0)